DETEKSI DINI WUJUDKAN WANITA INDONESIA BEBAS KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA

Diposting : Senin, 30 Oktober 2017 16:55  


Balitbang ESDM Turut Sukseskan Program Pemerintah untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

 

 

Senin, 30 Oktober 2017, Dharma Wanita Pusat (DWP) Kementerian ESDM bekerja sama dengan Tim Medis - Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara (IVA Test dan Sadanis) di lingkungan Badan Litbang ESDM. Pada kesempatan tersebut, hadir dan memberikan sambutan Ibu Ratnawati Jonan (Penasihat DWP-KESDM) dan didampingi oleh Ibu Fauline Y. Tahar (Wakil Penasihat DWP-KESDM) beserta Ibu Anny Sutijastoto serta Ketua dan Pengurus DWP KESDM lainnya. Pada kesempatan tersebut Ibu Ratnawati Jonan menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada seluruh jajaran Balitbang ESDM khususnya kepada Tim Medis yang telah turut mensukseskan kegiatan Deteksi Dini Kanker.

Seperti telah kita ketahui bersama melalui berbagai media, pemerintah telah mencanangkan bulan Oktober ini merupakan Bulan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim (Serviks). Dalam rangka mendukung program tersebut, telah dipublikasikan melalui berbagai banner untuk mengajak kaum perempuan/ibu tentang perlunya deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Kegiatan deteksi dini kanker ini sebagai bentuk kepedulian  Pimpinan KESDM dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup dan kesehatan para Karyawati,  Isteri Pegawai di lingkungan KESDM. Lebih dari 125 peserta yang mendaftar di lingkungan Badan Litbang ESDM hadir dan mengikuti IVA Test dan Sadanis dari target minimal semula sebanyak 90 orang calon peserta.

Sekretaris Badan Litbang ESDM, Sujatmiko, mewakili Kaban Litbang ESDM menyampaikan pesan pada seluruh peserta agar jangan merasa sungkan/malu/malas untuk mengikuti test dan menyampaikan kepada sanak kerabat/saudara dan tetanggga  lain yang belum mengikuti IVA Test dan Sadanis mengenai betapa pentingnya pemeriksanaan tersebut untuk pencegahan penyakit kanker payudara dan kanker leher rahim.

Besar harapan, ke depan berbagai program pemerintah terkait kesehatan dan pendidikan dapat disosialisasikan dan dilaksanakan di lingkungan Badan Litbang ESDM dengan kerja sama berbagai pihak sebagai wujud nyata pelaksanaan komitmen kesejahteraan pegawai, sehingga dapat mendukung kinerja organisasi yang ditargetkan. (AMR)

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA