Mampu Menghemat Bahan Bakar hingga 60%, Gasmin mulai dilirik Investor

Diposting : Kamis, 08 Juni 2017 14:35  


Yogyakarta, 8 Juni 2017 - Tim teknis Gasmin tekMIRA bertolak ke Yogyakarta untuk mendampingi investor yang tertarik melihat teknologi Gasmin yang telah terpasang di 6 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo. Salah satu hasil litbang tekMIRA yang meraih penghargaan dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, selain mampu menghemat bahan bakar hingga 60% jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak solar maupun kayu bakar, juga merupakan teknologi yang ramah lingkungan.

 

Aditya Karma dari PT Futura Energi Lestari, salah satu investor yang turut dalam kunjungan ke lokasi percontohan penggunaan Gasmin di IKM Peleburan Alumunium memberikan kesan cukup positif dan mengatakan Gasmin memberikan efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, selain itu juga ramah lingkungan karena limbahnya dapat dimanfaatkan kembali. “Saya optimis Gasmin memiliki prospek yang sangat bagus dan perlu diperluas penggunaannya” ujar Aditya karma.

 

Sementara itu Gasmin yang dipasang di IKM Batik Nakula Sadewa, Sleman memberikan manfaat tambahan bagi pengrajin batik, yaitu warna batik menjadi lebih tajam. “Dengan menggunakan Gasmin, proses pencucian kain tidak perlu dikopyok berkali-kali seperti kalau pakai kayu bakar, sehingga warna batiknya terjaga dan tidak pudar” kata Bambang Sumardiyono, pemilik batik Nakula Sadewa yang sudah banyak dikenal hingga ke luar negeri.

 

Saat ini tekMIRA sedang bersiap untuk meluncurkan Gasmin ke pasaran supaya pemanfaatannya menjadi lebih luas. Umar Dani, Kepala Bagian Tata Usaha tekMIRA yang juga ikut mendampingi kunjungan investor tersebut menyampaikan bahwa, “tantangan yang dihadapi tekMIRA saat ini adalah menyiapkan skema penjualan Gasmin supaya tidak memberatkan konsumen, untuk itu kami sudah menghubungi pihak perbankan yang mungkin punya program  cicilan dengan bunga ringan. Disamping itu secara teknis kami juga berbenah dan melakukan penyempurnaan beberapa komponen supaya Gasmin lebih mudah dioperasikan”. (DC)