Oplosan Menuju Yang Terbarukan (2013)

Diposting : Senin, 14 Januari 2013 04:00  


Karya inovasi ini adalah teknik pembakaran bertubulensi tinggi yang menggunakan bahan bakar co-firing tepung batubara dan serbuk gergaji. Penggunaan bahan bakar co-firing ini menghasilkan efisiensi energi yang cukup tinggi sebesar 56-69%, hampir setara dengan efisiensi penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) sebesar sekitar 65%.

Dengan memanfaatkan limbah serbuk gergaji yang murah dan terbarukan, teknik ini menghasilkan pembakaran yang bersih tanpa asap, sehingga ramah lingkungan. Alat pembakar yang digunakan adalah siklon sederhana yang dirancang khusus untuk kegunaan di Industri Kecil dan Menengah (lKM)

Perspektif

Tiada rotan akarpun jadi, karena tersedianya bahan baku pendukung dalam jumlah banyak dan bisa diperoleh dengan cuma-cuma, penggabungan keduanya menjadi sebuah inovasi dengan biaya energi yang ekonomis, efisien, ramah lingkungan, dan lebih menjamin pasok sumber energi.

 

Keunggulan Inovasi

• Lebih ekonomis, karena menggunakan sumber energi dari limbah biomassa murah

• Menuju pemakaian sumber energi yang terbaharukan

• Menghasilkan tingkat efisiensi energi yang setara dengan pembakaran dengan Bahan Bakar Gas (BBG)

• Alat pembakar siklon yang digunakan telah teruji untuk digunakan di Industri Kecil dan Menengah (lKM)

 

Potensi Aplikasi

Semua sektor industri yang memerlukan energi secara intensif, sehingga efisiensi dan biaya pembakaran yang rendah menjadi keharusan.

 

Inovator

Ikin Sodikin, ST.; Drs. Soemaryono, M.Sc; Tatang Koswara; Engkos Kosasih

 

Prospek Inovasi

Kesiapan Inovasi : ***

Kerjasama Bisnis : **

Peringkat Inovasi : **