Peningkatan Kemampuan SDM Badan Litbang ESDM dalam Menyusun Proyeksi Pemanfaatan Teknologi Energi

Diposting : Jum'at, 23 September 2016 13:25  


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memandang perlu untuk melakukan proyeksi energi untuk jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memastikan bahwa arah dan tujuan pengelolaan energi nasional akan tercapai.

 

Proyeksi pemanfaatan teknologi energi adalah suatu proyeksi atau perkiraan pemanfaatan teknologi energi di masa mendatang, berdasarkan data dan informasi mengenai teknologi energi pada saat ini. Roadmap pemanfaatan teknologi energi ini disusun untuk mendukung tercapainya target atau sasaran Kebijakan Energi Nasional, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden No 79 Tahun 2014, khususnya Pasal 8 dan Pasal 9.

 

Untuk mampu menyusun proyeksi yang kuat, diperlukan pengetahuan dan kemampuan penyusunan model mengenai bisnis proses sektor energi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penyusunan model energi dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seperti Calculator 2050, PowerSim, LEAP (Long-range Energy Alternative Planning System), Markal (Market Allocation), dan lain-lain.

 

Oleh karena itu sangat perlu untuk menguasai perangkat lunak dalam penyusunan model energi, maka pada tanggal 21 - 22 September 2016, diadakan pelatihan terhadap beberapa pegawai di lingkungan Badan Litbang ESDM, khususnya adalah para peneliti.

 

Pelatihan yang dipandu oleh Dr. Ir. Arsegianto, M. Sc dari Teknik Perminyakan ITB, mencakup pengenalan konsep sistem dinamik sebagai konsep dasar perangkat lunak PowerSim, pengenalan PowerSim dan aplikasi PowerSim dalam penyusunan model energi yang serderhana. Selanjutnya diharapkan, peserta dapat terus mengembangkan model energi yang telah disusun tersebut menjadi model yang kompleks dan mewakili kondisi riil untuk melakukan proyeksi kondisi energi nasional di masa yang akan datang. (MRM)

pemodelan1

Dr. Ir. Arsegianto, M. Sc. menjadi pemandu pelatihan Penyusunan Model Proyeksi Pemanfaatan Teknologi Energi