Studi Eksperimental Desain untuk Menentukan Parameter Ketidakpastian dalam Perhitungan Cadangan pada Reservoir Rekah Alami

Diposting : Senin, 13 Februari 2012 08:28  


Adanya rekahan pada reservoir rekah alami membuat parameter bawah permukaan terutama parameter petrofisika menjadi bagian penting dalam mengestimasi cadangan hidrokarbon di tempat. Sulitnya penentuan properti rekahan baik dari data log sumuran maupun dari data percontoh batuan menjadikan reservoir rekah alami mempunyai derajat ketidakpastian yang tinggi.

Decision tree serta pengetahuan geologi dan reservoir yang baik digunakan untuk mempertimbangkan variabel masukan dan banyaknya kemungkinan ketidakpastian dalam pemodelan reservoir. Kemudian sebuah hasil pemodelan reservoir 3D pada lapangan rekah alami digunakan sebagai kasus dasar untuk diteliti parameter ketidakpastiannya mengggunakan metode desain eksperimen untuk melihat seberapa jauh parameter tersebut mempengaruhi estimasi cadangan hidrokarbon di tempat.

Hasil analisis melalui Plackett-Burman Run-20 memperlihatkan 3 buah parameter ketidakpastian bawah permukaan yang paling berpengaruh terhadap perhitungan cadangan di tempat, yaitu harga batasan net to gross, porositas, dan level kontak fluida yang masing-masing bisa mempengaruhi angka perhitungan cadangan di tempat sebesar 57%, 23%, dan 19%. Selain itu, sebuah persamaan korelasi yang bisa digunakan untuk memperkirakan distribusi cadangan di tempat serta model kemungkinan P10, P50, dan P90 bisa didapatkan dari metode desain eksperimen.

Estimasi IGIP dari persamaan korelasi yang dihasilkan

Sebagai saran, perlu dilakukan kajian yang lebih dalam lagi terhadap harga batasan reservoir agar ketiga buah parameter ketidakpastian tersebut dapat diperkecil efeknya terhadap perhitungan cadangan di tempat, yaitu dengan jalan mendapatkan harga batasan reservoir yang sesuai untuk setiap zonasi reservoirnya sehingga ketidakpastiaanya menjadi berkurang.