Penggantian Pejabat Eselon II di lingkungan Badan Litbang ESDM PDF Print E-mail
Jumat, 18 Juli 2014

Menteri ESDM, Jero Wacik, Jumat (18/7), melantik dan mengambil sumpah 24 pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian ESDM. Di lingkungan Badan Litbang ESDM, para pejabat yang dilantik adalah Dra. Yanni Kussuryani, M.Si., sebagai Sekretaris Badan Litbang ESDM, Dr. Ir. Bambang Widarsono, M.Sc., sebagai Kepala Pusat Litbang Teknologi Migas “LEMIGAS”, dan Ir. Dede Ida Suhendra, M.Sc., sebagai Kepala Pusat Litbang Teknologi Mineral dan Batubara. Pengangkatan Pejabat Struktural Eselon II ini tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 3089 K/73/MEM/2014 tanggal 15 Juli 2014

Baca Selanjutnya...
 
Upaya Mengurangi Impor BBM PDF Print E-mail
Kamis, 17 Juli 2014

“Program B20 ini merupakan upaya pemerintah mengurangi ketergantungan impor BBM yang telah mencapai 500.000 barel per hari. Pemanfaatan B20 ini juga mampu menekan subsidi BBM yang mencapai Rp 400 triliun pada tahun ini”, demikian disampaikan oleh Menteri ESDM, Jero Wacik ketika melepas uji jalan (road test) kendaraan pemanfaatan biodiesel dengan kadar 20% pada lima kendaraan roda empat bertenaga diesel di Jakarta, 17 Juli 2014.

Baca Selanjutnya...
 
Rapat Kerja Badan Litbang ESDM 2014 PDF Print E-mail
Kamis, 19 Juni 2014

Wakil  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo hari Rabu (18/6) membuka Rapat Kerja Badan Litbang ESDM dengan tema  “Peningkatan Peran Badan Litbang ESDM dalam Mendukung Kebijakan Energi Nasional”. Rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun rumusan masukan dan evaluasi kebijakan  di sektor ESDM; mendukung terwujudnya keamanan pasokan energi, mengembangkan dan pemanfaatan teknologi energi, mendorong berkembangnya industri dan jasa energi dalam negeri untuk menjawab tantangan meningkatnya kebutuhan energi domestik dan penurunan produksi minyak nasional.

 

Baca Selanjutnya...
 
Belajar dari Pengalaman Pengelolaan CBM di Amerika PDF Print E-mail
Kamis, 22 Mei 2014

Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, mengusulkan untuk membentuk task force program Coal Bed Methane (CBM) nasional untuk mengkaji kembali berbagai faktor yang diperlukan agar menghasilkan pengelolaan CBM yang layak dan berkesinambungan. Task force CBM tersebut mempunyai tugas menyusun rekomendasi opsi-opsi skema pengembangan CBM baik bentuk kontrak, parameter kontrak ataupun berbagai insentif yang diperlukan atas dasar kajian dan FGD (focused group discussion) yang melibatkan tenaga ahli dan juga stakeholder terkait.

 

Baca Selanjutnya...
 
Penandatanganan MoU antara Badan Litbang ESDM dengan KIER PDF Print E-mail
Jumat, 04 Juli 2014

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, FX. Sutijastoto dan Presiden Direktur Korean Institute of Energy Research (KIER), Lee ki Woo menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) tentang Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral di Badan Litbang ESDM, Jakarta pada tanggal 3 Juli 2014.

 

Baca Selanjutnya...
 
Terobosan Meningkatkan Ketahanan Energi dan Peningkatan Nilai Tambah PDF Print E-mail
Jumat, 30 Mei 2014

Jakarta, 20 Mei 2014, – “Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada tentang Kerja Sama Pengembangan, Pemanfaatan dan Pengusahaan Energi dan Sumber Daya Mineral, merupakan upaya untuk lebih memformalkan kerja sama yang lebih teknis antara Puslitbang-puslitbang di lingkungan Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada.  Kesepahaman ini adalah suatu upaya agar semua hasil penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral Balitbang ESDM dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran bangsa dan Negara Indonesia” demikian disampaikan oleh Kepala Badan Litbang ESDM, FX. Sutijastoto, dalam sambutan acara Penandatangan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada di Komplek Perkantoran Badan Litbang ESDM, Jakarta. “Melalui kerjasama ini, saya berharap akan ada banyak terobosan yang dapat kita lakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional dan peningkatan nilai tambah”, lanjut FX. Sutijastoto.

 

Baca Selanjutnya...
 
Forum Sosialisasi Kegiatan Penghargaan Energi Tahun 2014 PDF Print E-mail
Senin, 05 Mei 2014

“Di Frankfurt ada regulasi bahwa warga tidak dibolehkan membuat septic tank, limbah ‘manusia’ tersebut disalurkan ke suatu tempat. Pemerintah kota Frankfurt mengolah limbah tersebut untuk menghasilkan listrik ± 2 Megawatt”,  demikian Sri Widodo, Dosen Universitas Hasanuddin. Sharing pengetahuan dan informasi tersebut disampaikan oleh Pak Dosen Sri  pada Forum Sosialisasi Kegiatan Penghargaan Energi  2014.

 

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 16