Sosialisasi Bahan Bakar DME untuk Sektor Rumah Tangga PDF Print E-mail
Kamis, 09 Oktober 2014

Pasaman, Sumatera Barat

“Penelitian unjuk kerja DME sebagai bahan bakar telah dilakukan Balitbang ESDM sejak tahun 2009, yang dilaksanakan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, demikian disampaikan oleh Koordinator Kelompok Pelaksana Litbang Teknologi Aplikasi Produk LEMIGAS, Sugeng Riyono. Lebih lanjut Sugeng menjelaskan bahwa “DME dapat dihasilkan dari pengolahan gas bumi, biomassa, dan batubara kalori rendah. DME sebagai bahan bakar ramah lingkungan telah diujicoba pada sektor rumah tangga, transportasi, dan industri”. Karakteristik fisiknya mirip dengan liquefied petroleum gas (LPG), berbentuk cair pada tekanan antara 8- 12 bar. Pada prakteknya, DME dapat dicampur dengan LPG serta dapat menggunakan infrastruktur LPG untuk penyaluran ke konsumen.

Baca Selanjutnya...
 
Konverter Kit BBG untuk Perahu Nelayan PDF Print E-mail
Jumat, 26 September 2014

“Sistem Konverter Kit PPPTMGB “LEMIGAS” ditargetkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui penghematan BBM,” ucap Kepala PPPTMGB “LEMIGAS” , Bambang Widarsono saat memonitor uji coba sistem konverter kit bersama pemasangan baterei DC pada motor listrik perahu motor tempel nelayan di pantai Serangan, Sanur, Bali, tanggal 20 September 2014 .

 

Sistem konverter kit untuk perahu motor tempel nelayan merupakan modifikasi peralatan pada motor tempel pada perahu nelayan, yang umumnya berbahan bakar bensin atau solar untuk dikonversikan menjadi motor berbahan bakar LPG kapasitas 3 kg. Peralatan yang dirancang oleh Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan (KP3) Teknologi Aplikasi, PPPTMGB ”LEMIGAS” ini dilatarbelakangi oleh kesulitan nelayan dalam mendapatkan BBM dengan harga subsidi.

 

Baca Selanjutnya...
 
Penandatanganan Kerja Sama Badan Litbang ESDM dengan BPPT PDF Print E-mail
Kamis, 21 Agustus 2014

Sekretaris Badan Litbang ESDM, Yanni Kussuryani  mewakili Kepala Badan Litbang ESDM dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi (BPPT), Unggul Priyanto, menandatangani Kesepakatan  Bersama mengenai Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi di Bidang Pengolahan Dan Pemanfaatan Energi Dan Sumber Daya Mineral. Penandatanganan ini dilakukan di Gedung II BPPT, Jakarta, bertepatan dengan ulang tahun BPPT ke-36.

Baca Selanjutnya...
 
Menteri ESDM Menganugerahkan Penghargaan Energi ke-4 Tahun 2014 PDF Print E-mail
Rabu, 20 Agustus 2014

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 46/SJI/2013

Tanggal: 18 Agustus 2014

MENTERI ESDM MENGANUGERAHKAN PENGHARGAAN ENERGI KE-4

TAHUN 2014

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik pada hari ini, Senin (18/8) menganugerahkan Penghargaan Energi Tahun 2014 pada Acara Penganugerahan Penghargaan Energi yang ke-4 Tahun 2014 di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh para undangan dari lingkungan Kementerian ESDM, beberapa kementerian terkait, BUMN, Kepala Daerah dan Kepala Dinas ESDM, perguruan tinggi, asosiasi dan organisasi profesi, pemangku kepentingan Sektor ESDM di Indonesia, serta para penerima penghargaan energi

 

Baca Selanjutnya...
 
Kunjungan UNEP ke P3TKEBTKE PDF Print E-mail
Jumat, 22 Agustus 2014

Delegasi United Nations Environtment Programme (UNEP) pada tanggal 21 Agustus 2014 melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) di Jakarta. Para delegasi UNEP berasal dari Australia, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja, Srilanka, Bhutan, delegasi tersebut merupakan perwakilan Kementerian Energi  dan lembaga masyarakat yang terkait dengan industri lampu.

 

Baca Selanjutnya...
 
PENGANUGERAHAN PENGHARGAAN ENERGI 2014 PDF Print E-mail
Rabu, 20 Agustus 2014

Jakarta (18/8). Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, Menteri ESDM Jero Wacik memberikan Penghargaan Energi 2014 kepada 15 (lima belas) Penerima dalam acara Penganugerahan Penghargaan Energi Ke-4 Tahun 2014. Penghargaan Energi ini diberikan kepada pemangku kepentingan yang secara nyata telah berkarya dan berinovasi di sektor energi, yang juga menginspirasi masyarakat lain serta mendorong budaya pemanfaatan energi, utamanya energi baru terbarukan. (MF).

 

Baca Selanjutnya...
 
Penggantian Pejabat Eselon II di lingkungan Badan Litbang ESDM PDF Print E-mail
Jumat, 18 Juli 2014

Menteri ESDM, Jero Wacik, Jumat (18/7), melantik dan mengambil sumpah 24 pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian ESDM. Di lingkungan Badan Litbang ESDM, para pejabat yang dilantik adalah Dra. Yanni Kussuryani, M.Si., sebagai Sekretaris Badan Litbang ESDM, Dr. Ir. Bambang Widarsono, M.Sc., sebagai Kepala Pusat Litbang Teknologi Migas “LEMIGAS”, dan Ir. Dede Ida Suhendra, M.Sc., sebagai Kepala Pusat Litbang Teknologi Mineral dan Batubara. Pengangkatan Pejabat Struktural Eselon II ini tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 3089 K/73/MEM/2014 tanggal 15 Juli 2014

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 17