NOMINATOR PENGHARGAAN ENERGI 2015 DAN PRESIDEN RI DI ISTANA BOGOR PDF Print E-mail
Selasa, 18 Agustus 2015

Foto Bersama Para Nominator Penghargaan Energi 2015 dan Penerima PEEN 2014 dengan Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri Kabinet di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (18/8) dalam acara Silaturrahim Presiden RI dengan Paskibraka, Orkestra Gita Bahana, dan Para Teladan Nasional (MF)

 
Hakteknas 2015: “Hambatan Terbesar Kemajuan Inovasi Adalah Kurangnya Sifat Entrepreneur” PDF Print E-mail
Rabu, 12 Agustus 2015

Jakarta (10/8) - “Kita akan menunjukkan hasil teknologi yang mendukung prioritas Pemerintah di bidang kedaulatan pangan, kedaulatan energi, dan kekuatan maritim,“ demikian disampaikan oleh Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi saat melaporkan penyelenggaraan Hakteknas tahun 2015 ini. “Dalam kemajuan inovasi, hambatan terbesar adalah kurangnya sifat entrepreneur. Oleh sebab itu, kami bersama Kabinet Kerja akan memperbaiki iklim inovasi yang sifatnya lintas Kementerian untuk memperkuat program technopreneur. Dengan iklim inovasi yang lebih baik maka entrepreneur di bidang Iptek akan berkembang lebih pesat, “ ditambahkan oleh Muhammad Nasir.

Baca Selanjutnya...
 
IMPLEMENTASI HASIL INOVASI LITBANG PDF Print E-mail
Jumat, 07 Agustus 2015

Jakarta (3/8) - “Prototype Biogas dari kotoran sapi sebagai pengganti minyak tanah untuk rumah tangga telah diterapkan di Malang. Untuk rumah tangga yang mempunyai kurang dari 50 ekor sapi diarahkan untuk pemanfaatan langsung, sedangkan untuk rumah tangga yang mempunyai lebih dari 50 ekor sapi diarahkan dengan system energy service company”, demikian diungkapkan Kepala Badan Litbang ESDM F.X. Sutijastoto dalam seminar nasional Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 pada tanggal 03 Agustus 2015 dalam paparannya yang berjudul “Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Litbang untuk Keunggulan dan Daya Saing Industri Energi”.

Baca Selanjutnya...
 
SEDIKIT ITEM BERDAMPAK BESAR PDF Print E-mail
Rabu, 29 Juli 2015

“Saya berharap, forum evaluasi ini dapat membahas faktor-faktor yang menjadi kendala dan upaya-upaya percepatan yang perlu dilakukan agar pelaksanaan kegiatan di PPPTMGB “LEMIGAS” sesuai dengan target yang telah ditetapkan”, demikian harapan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto saat membuka Forum Evaluasi Kegiatan Semester I Tahun Anggaran 2015 PPPTMGB "LEMIGAS" di Lantai 4, Gedung Eksploitasi PPPTMGB "LEMIGAS", Jakarta Selatan (29/7/2015).

Baca Selanjutnya...
 
KOORDINASI BALI SEBAGAI KAWASAN ENERGI BERSIH PDF Print E-mail
Senin, 10 Agustus 2015

Denpasar – “Rancangan pembangunan Kawasan Nasional Energi Bersih (KNEB) ditujukan untuk mengetahui berapa jumlah energi yang dapat dibuat dan dihasilkan dari suatu kawasan, dimana Centre of Excellence (CoE) ada ditengah-tengahnya. CoE ini akan berperan sebagai pusat informasi dan demonstrasi teknologi energi bersih, baru dan terbarukan serta konservasi energi yang akan berkoordinasi dengan wilayah lain,” demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto pada rapat koordinasi pelaksanaan kerja sama Kementerian ESDM dengan Provinsi Bali dalam mengembangkan energi bersih dengan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta di kantor Wakil Gubernur Bali, Denpasar, pada Jumat (7/8/2015).

 

Baca Selanjutnya...
 
Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Litbang untuk Keunggulan dan Daya Saing Industri Energi PDF Print E-mail
Jumat, 07 Agustus 2015

Jakarta (3/8) - “Peran Badan Litbang dapat menjawab tantangan di sektor energi, dalam hal ini meningkatkan cadangan energi nasional, juga meningkatkan nilai tambah. Upaya untuk peningkatan energi dilakukan dengan mencari berbagai terobosan inovasi apakah untuk meningkatkan sumber daya atau teknologi yang diperlukan dalam meningkatkan ketahanan energi,” demikian disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, F.X. Sutijastoto dalam Seminar Nasional bertajuk “Kebangkitan Industri Nasional Berbasis Kemampuan Iptek Anak Bangsa” di Ruang Komisaris Utama Gedung BPPT II di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Baca Selanjutnya...
 
Mengembalikan Otoritas Ilimiah Dalam Kebijakan Energi Nasional PDF Print E-mail
Kamis, 23 Juli 2015

Jakarta – “Saya masih ingat, pada saat saya SMA dan awal kuliah bahkan pada awal bekerja betapa kuatnya wibawa LEMIGAS. Bahkan pegawai Pertamina dan seluruh pegawai perusahaan energi dipasok dari Akamigas yang sekarang menjadi STEM-Akamigas. Kemudian saya berpikir, Bagaimana caranya menjaga dan memperkuat wibawa ilmiah dari lembaga ini?”, demikian dituturkan Menteri ESDM Sudirman Said pada acara halal bi halal bersama keluarga besar Badan Litbang ESDM di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS di Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai di Lingkungan Badan Litbang ESDM.

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 22