Workshop “Pendekar” Mikrohidro PDF Print E-mail
Jumat, 28 November 2014

Badan Litbang ESDM melalui Puslitbang Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan Dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kemampuan Teknis Dan Manajerial Pengelola PLTMH pada tanggal 26 – 28 November 2014 bertempat di Hotel Perdana Wisata, Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan Para Penerima Penghargaan Energi Prakarsa Tahun 2011-2014 bidang Mikrohidro.

 

Workshop ini dibuka oleh Ir. Kasbani, M.Sc selaku Kepala P3TKEBTKE, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberdayakan para Penerima Penghargaan Energi untuk meningkatkan soft skill mereka, tidak terhenti hanya di pemberian penghargaan saja.

 

Baca Selanjutnya...
 
Tatap Muka Bapak Menteri ESDM dengan Pegawai Negeri Sipil Badan Litbang ESDM dan Badan Diklat ESDM PDF Print E-mail
Jumat, 21 November 2014

“Saya punya keyakinan bahwa berjalan bersama itu akan lebih enak kalau hati kita satu juga”, demikian disampaikan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said, ketika memberikan arahan pada acara “Tatap Muka Bapak Menteri ESDM dengan Pegawai Negeri Sipil Badan Litbang ESDM dan Badan Diklat ESDM” pada hari Kamis tanggal 20 November 2014 di Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara.

 

Baca Selanjutnya...
 
Seminar Nasional Hasil Litbang Faktor Emisi CO2, 29 s.d. 31 Oktober 2014 PDF Print E-mail
Kamis, 30 Oktober 2014

Seminar Nasional Hasil Litbang Faktor Emisi CO2 yang berlangsung dari tanggal 29 s.d. 31 Oktober 2014, bertempat di Ballroom Amartapura Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, menghasilkan 7 (tujuh) Rumusan yang sampaikan oleh Leni Herlina Tim Teknis Faktor Emisi CO2 Badan Litbang ESDM sebelum penutupan Diskusi Panel Sesi II. Ketujuh rumusan yang dibacakan oleh Perekayasa Madya dari Puslitbang Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Selanjutnya...
 
Konverter Kit BBG untuk Perahu Nelayan PDF Print E-mail
Jumat, 26 September 2014

“Sistem Konverter Kit PPPTMGB “LEMIGAS” ditargetkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui penghematan BBM,” ucap Kepala PPPTMGB “LEMIGAS” , Bambang Widarsono saat memonitor uji coba sistem konverter kit bersama pemasangan baterei DC pada motor listrik perahu motor tempel nelayan di pantai Serangan, Sanur, Bali, tanggal 20 September 2014 .

 

Sistem konverter kit untuk perahu motor tempel nelayan merupakan modifikasi peralatan pada motor tempel pada perahu nelayan, yang umumnya berbahan bakar bensin atau solar untuk dikonversikan menjadi motor berbahan bakar LPG kapasitas 3 kg. Peralatan yang dirancang oleh Kelompok Program Penelitian dan Pengembangan (KP3) Teknologi Aplikasi, PPPTMGB ”LEMIGAS” ini dilatarbelakangi oleh kesulitan nelayan dalam mendapatkan BBM dengan harga subsidi.

 

Baca Selanjutnya...
 
Upaya Badan Litbang ESDM Mendukung Penurunan Gas Emisi Rumah Kaca PDF Print E-mail
Kamis, 30 Oktober 2014

“Badan Litbang ESDM mendukung upaya-upaya penurunan gas emisi rumah kaca. Berbagai kegiatan litbang telah dilakukan yang jika hasil-hasil litbang tersebut berhasil diimplementasikan, maka akan dapat berkontribusi dalam merealisasikan Rencana Aksi Nasional GRK (RAN GRK)”, demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, FX. Sutijastoto dalam sambutan pembukaan Seminar Nasional Hasil Litbang Faktor Emisi CO2, bertempat di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung.

 

Baca Selanjutnya...
 
Sosialisasi Bahan Bakar DME untuk Sektor Rumah Tangga PDF Print E-mail
Kamis, 09 Oktober 2014

Pasaman, Sumatera Barat

“Penelitian unjuk kerja DME sebagai bahan bakar telah dilakukan Balitbang ESDM sejak tahun 2009, yang dilaksanakan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, demikian disampaikan oleh Koordinator Kelompok Pelaksana Litbang Teknologi Aplikasi Produk LEMIGAS, Sugeng Riyono. Lebih lanjut Sugeng menjelaskan bahwa “DME dapat dihasilkan dari pengolahan gas bumi, biomassa, dan batubara kalori rendah. DME sebagai bahan bakar ramah lingkungan telah diujicoba pada sektor rumah tangga, transportasi, dan industri”. Karakteristik fisiknya mirip dengan liquefied petroleum gas (LPG), berbentuk cair pada tekanan antara 8- 12 bar. Pada prakteknya, DME dapat dicampur dengan LPG serta dapat menggunakan infrastruktur LPG untuk penyaluran ke konsumen.

Baca Selanjutnya...
 
Kunjungan UNEP ke P3TKEBTKE PDF Print E-mail
Jumat, 22 Agustus 2014

Delegasi United Nations Environtment Programme (UNEP) pada tanggal 21 Agustus 2014 melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) di Jakarta. Para delegasi UNEP berasal dari Australia, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja, Srilanka, Bhutan, delegasi tersebut merupakan perwakilan Kementerian Energi  dan lembaga masyarakat yang terkait dengan industri lampu.

 

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 17