ROAD TO HARI NUSANTARA 2015: MENGEMBALIKAN KEJAYAAN LAUT INDONESIA PDF Print E-mail
Jumat, 29 Mei 2015

Jakarta – Presiden Joko Widodo dalam pidato pelatikannya menekankan pentingnya Bangsa Indonesia untuk membangkitkan lagi kejayaannya di laut dengan slogan Jalasveva Jayamahe, di laut justru kita jaya. Peringatan Hari Nusantara tahun 2015 ini mengambil tema Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral untuk Membangun Indonesia sebagai Poros Maritim demi Kejayaan dan Kemakmuran Bangsa.

Baca Selanjutnya...
 
LEADER’S CAMP KESDM: SINERGI POLA PIKIR KEPEMIMPINAN PDF Print E-mail
Rabu, 27 Mei 2015

Situ Lembang - Menteri ESDM, Sudirman Said terus berupaya melakukan pembenahan di Kementerian ESDM, antara lain perombakan organisasi dan kegiatan leader’s camp untuk setiap pejabat. Setelah melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpinan (Pejabat Struktural Eselon I dan II) di Lingkungan Kementerian ESDM pada Kamis, 7 Mei 2015, bersama dengan Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) menyelenggarakan Leader’s Camp bagi para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama Tahun 2015 pada tanggal 24-26 Mei 2015 di Situ Lembang, Bandung Barat.

Baca Selanjutnya...
 
Komersialisasi Biogas upaya untuk Mengurangi Konsumsi LPG PDF Print E-mail
Jumat, 15 Mei 2015

Malang - “Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa orientasi Badan Litbang ESDM saat ini adalah menghasilkan inovasi-inovasi berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan ketahanan energi dan juga meningkatkan nilai tambah dalam bentuk pilot plant dan demo plant yang selanjutnya akan diimplementasikan melalui upaya komersialisasi dan hilirisasi”, demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto pada sambutan dan paparannya pada acara Sosialisasi Biogas Komersil Energi Baik untuk Masa Depan Negeri di Malang, 13 Mei 2015.

 

Baca Selanjutnya...
 
Migas “Dikuasai Negara” dan “Untuk Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat” PDF Print E-mail
Kamis, 07 Mei 2015

Rabu, 6 Mei 2015 Badan Litbang ESDM kembali mengadakan Forum Knowledge Sharing (FKS). Forum ini membahas tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Migas dengan Nara Sumber Dr. Umar Said, jabatan terakhir Pak Umar -begitu beliau dikenalnya- adalah Sekretaris Jenderal Departemen Pertambangan dan Energi periode 1993-1997. Sebelum memulai pembahasan tentang RUU Migas tersebut, Pak Umar menyampaikan ‘kisah’ dibalik perubahan UU No. 8 Tahun 1971  tentang Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (PERTAMINA) yang merupakan salah satu sektor yang masih sangat tertutup dan monopolis (komoditas migas). Presiden Soeharto meminta agar migas dipelajari dan dicarikan jalan agar tetap dikelola sesuai amanat UUD 1945 tetapi tidak tabrakan dengan kesepakatan APEC.

 

Baca Selanjutnya...
 
SOSIALISASI PENGHARGAAN ENERGI 2015: BERBAGI PENGALAMAN KEMANDIRIAN ENERGI PDF Print E-mail
Jumat, 22 Mei 2015

Semarang – “Provinsi Jawa Tengah kami pilih sebagai salah satu lokasi untuk penyelenggaraan forum ini mempunyai makna sendiri. Karena Provinsi Jawa Tengah merupakan satu-satunya provinsi yang telah menerima Penghargaan Energi Prabawa sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2011 dan tahun 2014. Forum seperti ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya penjaringan secara langsung untuk mendapatkan calon-calon Penerima Penghargaan Energi”, demikian disampaikan Sekretaris Badan Litbang ESDM, Iwan Prasetya Adhi dalam pembukaan Forum Sosialisasi Kegiatan Penghargaan Energi (PE) Tahun 2015 untuk Wilayah Jawa di Kantor Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (21/05/2015).

 

Baca Selanjutnya...
 
Knowledge Sharing RUU MIGAS: Sebuah Catatan dari Umar Said PDF Print E-mail
Kamis, 07 Mei 2015

”Ini adalah kesempatan baik bagi Balitbang ESDM untuk berkontribusi dalam perancangan UU Migas, apalagi pasti akan ada banyak masukan nantinya setelah paparan dari nara sumber kita yang merupakan salah seorang pelaku sejarah, yang mengetahui bagaimana proses perubahan sebelum ditetapkannya UU 22 tahun 2001” demikian diungkapkan Iwan Prasetya Adhi, Plt. Sekretaris Badan Litbang ESDM dalam sambutannya sekaligus membuka Knowledge Sharing tentang RUU MIGAS yang diselenggarakan di Sekretariat Badan Litbang KESDM pada tanggal 6 Mei 2015.

 

Baca Selanjutnya...
 
Tidak Pernah berhenti Berpikir PDF Print E-mail
Selasa, 05 Mei 2015

“Contoh seorang public leader yang telah selesai dengan dirinya sendiri, sehingga bisa fokus memberikan pelayanan ke masyarakat”, inilah tokoh tersebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini, yang lebih dikenal dengan panggilan Bu Risma, hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said pada acara 1 (one) hour University yang diselenggarakan Badan Diklat ESDM.

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 21