Rapat Kerja Badan Litbang ESDM 2014 PDF Print E-mail
Kamis, 19 Juni 2014

Wakil  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo hari Rabu (18/6) membuka Rapat Kerja Badan Litbang ESDM dengan tema  “Peningkatan Peran Badan Litbang ESDM dalam Mendukung Kebijakan Energi Nasional”. Rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun rumusan masukan dan evaluasi kebijakan  di sektor ESDM; mendukung terwujudnya keamanan pasokan energi, mengembangkan dan pemanfaatan teknologi energi, mendorong berkembangnya industri dan jasa energi dalam negeri untuk menjawab tantangan meningkatnya kebutuhan energi domestik dan penurunan produksi minyak nasional.

 

Baca Selanjutnya...
 
Terobosan Meningkatkan Ketahanan Energi dan Peningkatan Nilai Tambah PDF Print E-mail
Jumat, 30 Mei 2014

Jakarta, 20 Mei 2014, – “Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada tentang Kerja Sama Pengembangan, Pemanfaatan dan Pengusahaan Energi dan Sumber Daya Mineral, merupakan upaya untuk lebih memformalkan kerja sama yang lebih teknis antara Puslitbang-puslitbang di lingkungan Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada.  Kesepahaman ini adalah suatu upaya agar semua hasil penelitian dan pengembangan di bidang energi dan sumber daya mineral Balitbang ESDM dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran bangsa dan Negara Indonesia” demikian disampaikan oleh Kepala Badan Litbang ESDM, FX. Sutijastoto, dalam sambutan acara Penandatangan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM dengan PT. Odira Energy Persada di Komplek Perkantoran Badan Litbang ESDM, Jakarta. “Melalui kerjasama ini, saya berharap akan ada banyak terobosan yang dapat kita lakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional dan peningkatan nilai tambah”, lanjut FX. Sutijastoto.

 

Baca Selanjutnya...
 
Forum Sosialisasi Kegiatan Penghargaan Energi Tahun 2014 PDF Print E-mail
Senin, 05 Mei 2014

“Di Frankfurt ada regulasi bahwa warga tidak dibolehkan membuat septic tank, limbah ‘manusia’ tersebut disalurkan ke suatu tempat. Pemerintah kota Frankfurt mengolah limbah tersebut untuk menghasilkan listrik ± 2 Megawatt”,  demikian Sri Widodo, Dosen Universitas Hasanuddin. Sharing pengetahuan dan informasi tersebut disampaikan oleh Pak Dosen Sri  pada Forum Sosialisasi Kegiatan Penghargaan Energi  2014.

 

Baca Selanjutnya...
 
Bisnis Model Canvas: Upaya Implementasi Hasil Inovasi PDF Print E-mail
Selasa, 15 April 2014

“Pelatihan bisnis model sangat diperlukan bagi para inovator sehingga mereka tidak hanya mengembangkan hasil litbang (inovasi), namun dapat mempresentasikan inovasinya kepada calon investor” demikian disampaikan Sekretaris Badan Litbang ESDM, Ir. Agus Cahyono Adi, M.M., dalam sambutan pembukaan Pelatihan dan Lokakarya “Model Bisnis & Penyusunan Rencana Bisnis berbasis Teknologi”. Pelatihan dan Lokakarya ini mengambil tempat di Hotel Mason Pine, Padalarang.

 

Baca Selanjutnya...
 
Belajar dari Pengalaman Pengelolaan CBM di Amerika PDF Print E-mail
Kamis, 22 Mei 2014

Kepala Badan Litbang ESDM, Sutijastoto, mengusulkan untuk membentuk task force program Coal Bed Methane (CBM) nasional untuk mengkaji kembali berbagai faktor yang diperlukan agar menghasilkan pengelolaan CBM yang layak dan berkesinambungan. Task force CBM tersebut mempunyai tugas menyusun rekomendasi opsi-opsi skema pengembangan CBM baik bentuk kontrak, parameter kontrak ataupun berbagai insentif yang diperlukan atas dasar kajian dan FGD (focused group discussion) yang melibatkan tenaga ahli dan juga stakeholder terkait.

 

Baca Selanjutnya...
 
Kerja Sama Konservasi dan Diversifikasi Energi di Lembaga Pemasyarakatan PDF Print E-mail
Selasa, 29 April 2014

Salah satu langkah yang diambil oleh Badan Litbang ESDM, dalam rangka mengoptimalkan kegiatan konservasi dan diversifikasi energi yang bertujuan untuk mendukung ketahanan energi nasional adalah melalui kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kerjasama tersebut adalah tentang konservasi dan diversifikasi energi di Lembaga Pemasyarakatan yang dituangkan dalam suatu Nota Kesepahaman.

 

Baca Selanjutnya...
 
Peningkatan Kapasitas Produk Penerima Penghargaan Energi PDF Print E-mail
Jumat, 04 April 2014

Kelompok Tani Usaha Maju II Penerima Penghargaan Energi Prakarsa tahun 2011, berkat bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), Surabaya berhasil mewujudkan cita-cita mereka yaitu Kampung Mandiri Energi. Selain meningkatkan kapasitas produknya dengan membangun biodigester komunal, Kelompok Tani ini juga menerima bantuan dari PT Cipta Karya berupa instalasi air bersih pedesaan.

 

Bantuan yang diberikan oleh Penerima Penghargaan Energi tahun 2013 ini sebesar Rp. 88.500.000 dipergunakan oleh Kelompok Tani Usaha Maju II dengan membangun tiga biodigester komunal berukuran 30 m3. Setiap biodigester berskala besar ini dapat memenuhi kebutuhan memasak untuk 15 kepala keluarga (KK).

 

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 2 of 16