Kerja Sama Konservasi dan Diversifikasi Energi di Lembaga Pemasyarakatan PDF Print E-mail
Selasa, 29 April 2014

Salah satu langkah yang diambil oleh Badan Litbang ESDM, dalam rangka mengoptimalkan kegiatan konservasi dan diversifikasi energi yang bertujuan untuk mendukung ketahanan energi nasional adalah melalui kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kerjasama tersebut adalah tentang konservasi dan diversifikasi energi di Lembaga Pemasyarakatan yang dituangkan dalam suatu Nota Kesepahaman.

 

Baca Selanjutnya...
 
Bisnis Model Canvas: Upaya Implementasi Hasil Inovasi PDF Print E-mail
Selasa, 15 April 2014

“Pelatihan bisnis model sangat diperlukan bagi para inovator sehingga mereka tidak hanya mengembangkan hasil litbang (inovasi), namun dapat mempresentasikan inovasinya kepada calon investor” demikian disampaikan Sekretaris Badan Litbang ESDM, Ir. Agus Cahyono Adi, M.M., dalam sambutan pembukaan Pelatihan dan Lokakarya “Model Bisnis & Penyusunan Rencana Bisnis berbasis Teknologi”. Pelatihan dan Lokakarya ini mengambil tempat di Hotel Mason Pine, Padalarang.

 

Baca Selanjutnya...
 
CBM untuk Diversifikasi Sumber Energi Nasional PDF Print E-mail
Jumat, 28 Maret 2014

Saat menyampaikan sambutan pada Indo CBM 2014 di Jakarta, tanggal 25 Maret 2014, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Susilo Siswoutomo mengatakan, “Potensi CBM di tanah air cukup berlimpah hingga 400 triliun kaki kubik (tcf). Namun sayang, eksplorasi CBM masih sangat sedikit.”

 

Susilo memaparkan kendala pengembangan CBM adalah infrastruktur dan harga jual CBM yang belum mencapai harga keekonomian. Pengadaan rig CBM saat ini masih menjadi permasalah besar karena minimnya jumlah rig dengan kapasitas yang sesuai.

 

Baca Selanjutnya...
 
Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III dan IV serta Pengukuhan Koordinator Kelompok Pelaksanan Litbang di Lingkungan Badan Litbang ESDM PDF Print E-mail
Jumat, 21 Maret 2014

”Kapasitas saja tidak cukup untuk mendukung pengembangan dalam berkarir. Kita harus mempunyai integritas tinggi bagi institusi. Salah satu aspek penting integritas adalah loyalitas. Kita harus jaga loyalitas terhadap institusi. Di samping integritas kita aspek penting yang harus dijaga adalah akseptabilitas.”

 

Demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, FX Sutijastoto pada pelantikan pejabat eselon III dan IV serta pengukuhan Koordinator KP3 di lingkungan Badan Litbang ESDM di Jakarta, pada tanggal 20 Maret 2014.

 

Baca Selanjutnya...
 
Peningkatan Kapasitas Produk Penerima Penghargaan Energi PDF Print E-mail
Jumat, 04 April 2014

Kelompok Tani Usaha Maju II Penerima Penghargaan Energi Prakarsa tahun 2011, berkat bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), Surabaya berhasil mewujudkan cita-cita mereka yaitu Kampung Mandiri Energi. Selain meningkatkan kapasitas produknya dengan membangun biodigester komunal, Kelompok Tani ini juga menerima bantuan dari PT Cipta Karya berupa instalasi air bersih pedesaan.

 

Bantuan yang diberikan oleh Penerima Penghargaan Energi tahun 2013 ini sebesar Rp. 88.500.000 dipergunakan oleh Kelompok Tani Usaha Maju II dengan membangun tiga biodigester komunal berukuran 30 m3. Setiap biodigester berskala besar ini dapat memenuhi kebutuhan memasak untuk 15 kepala keluarga (KK).

 

Baca Selanjutnya...
 
Upaya Badan Litbang ESDM Atasi Kelangkaan Rig CBM di Tanah Air PDF Print E-mail
Jumat, 28 Maret 2014

“Prototipe Rig CBM PPPTMGB “LEMIGAS” diharapkan dapat membantu mengatasi kelangkaan rig CBM di Indonesia,” demikian disampaikan Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo saat mengamati Rig CBM PPPTMGB “LEMIGAS” di pameran Indo CBM 2014 di Jakarta Convention Center, tanggal 25 Maret 2014.

 

Rig CBM yang dipameran ini merupakan hasil kolaborasi PPPTMGB “LEMIGAS” dengan Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta.  Pengembangan rig berkapasitas setara rig migas berkapasitas 400 HP ini bertujuan untuk mengurangi tingginya biaya eksplorasi CBM dan sulitnya mendapatkan rig CBM di Indonesia.

 

Baca Selanjutnya...
 
Penandatanganan MoU Badan Litbang ESDM dengan Universitas Udayana PDF Print E-mail
Selasa, 18 Maret 2014

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, Senin (17/3) memberikan kuliah umum di Universitas Udayana Bali. Kuliah umum tersebut selain dihadiri lebih dari 500 peserta, juga diikuti oleh para undangan di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, Asosiasi sektor ESDM, para Pimpinan Perusahaan, dan para Dosen. Kuliah Umum tersebut merupakan bagian rangkaian acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Litbang ESDM, dan Badan Diklat ESDM dengan Universitas Udayana di Kampus Universitas Udayana, Jimbaran, Bali.

 

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sujiastoto dan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamuji yang bertindak untuk dan atas nama Badan Diklat ESDM, dan Rektor Universitas Udayana Ketut Suastika.

 

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 2 of 16