Kalkulator 2050 Menjadi Senjata Perdebatan Energi Nuklir Di Inggris PDF Print E-mail
Selasa, 21 April 2015

Perwakilan Khusus Kementerian Luar Negeri Inggris untuk Perubahan Iklim, Sir David King menjelaskan Pemerintah Inggris menggunakan model Kalkulator 2050 sebagai metode untuk menjelaskan cara perhitungan energi kepada publik. Metode ini pula yang digunakan pemerintah Inggris sebagai dasar argumentasi atas perdebatan penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Inggris.

Baca Selanjutnya...
 
Kalkulator 2050 Untuk Menguji Kebutuhan Energi PDF Print E-mail
Selasa, 21 April 2015

Direktur Pembinaan Program Migas, Agus Cahyono Adi menjelaskan bahwa sistem pemodelan Kalkulator 2050 berfungsi untuk menguji kebutuhan energi, termasuk pengembangan energi baru terbarukan untuk transportasi.

Baca Selanjutnya...
 
Kerjasama dengan Universitas Sriwijaya PDF Print E-mail
Kamis, 26 Februari 2015

“Bumi Sriwijaya merupakan salah satu wilayah nusantara terbesar sebelum kemerdekaan dan lumbung energi baik batubara, migas, maupun potensi energi baru terbarukan.  Tidak heran jika Universitas Sriwijaya dapat menjadi pusat penelitian dan pengembangan energi, khususnya energi baru terbarukan. Melalui kerja sama ini Kementerian ESDM siap memfasilitasi dan mendukung program ini,” demikian disampaikan Menteri ESDM, Sudirman Said dalam sambutan Pidato Ilmiah di Wisuda ke-116 Universitas Sriwijaya sekaligus menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Sriwijaya dan Kementerian ESDM, yang diwakili oleh Badan Litbang  dan Badan Diklat ESDM di Auditorium Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya pada Kamis (26/02/2015)

Baca Selanjutnya...
 
Litbang Strategis melalui Kemitraan PDF Print E-mail
Rabu, 25 Februari 2015

Bandung – “Lakukan kegiatan penelitian yang sifatnya comprehensive project plan dan tidak ‘eceran’, caranya adalah melibatkan berbagai instansi dan unit kerja yang strategis sehingga kegiatan tidak berhenti di tengah jalan. Kegiatan penelitian seperti ini bukanlah menghasilkan paper semata namun ini merupakan karakterisasi suatu institusi.", demikian disampaikan oleh Menteri ESDM, Sudirma Said dalam kunjungan di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara, Bandung.

 

Baca Selanjutnya...
 
Hemat Energi Untuk Masa Depan Bangsa PDF Print E-mail
Kamis, 26 Februari 2015

“Masa depan kita adalah masa depan yang harus dibangun di atas energi baru terbarukan dan konservasi energi. Masyarakat kita belum peduli akan hemat energi karena energi dianggap sebagai barang murah yang bisa ditemukan di mana saja,” demikian penuturan Menteri ESDM dalam Pidato Ilmiah “Kebijakan Energi Nasional 2015-2020” pada Wisuda ke-116 Universitas Sriwijaya di Auditorium Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Sumatera Selatan pada Kamis (26/02/2015).

Baca Selanjutnya...
 
Pemberdayaan Badan Litbang ESDM Yang Optimal PDF Print E-mail
Kamis, 26 Februari 2015

“Sektor energi dan sumber daya mineral berperan penting dalam memenuhi kebutuhan transportasi, rumah tangga, komersial, dan industri. Hal ini terlihat dari besarnya nilai investasi yang diperlukan untuk menggerakkan sektor tersebut yaitu sebesar Rp. 388,5 triliun,” demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto mengawali dialog interaktif dengan Civitas Akademika Universitas Sriwijaya dengan tema Meningkatkan Pemberdayaan Badan Litbang ESDM yang Optimal Melalui Penemuan Berbagai Terobosan Peningkatan Ketahanan Energi dan Nilai Tambah Sektor ESDM di Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Sumatera Selatan pada Kamis (26/02/2015).

Baca Selanjutnya...
 
“Laut Itu Keren” PDF Print E-mail
Selasa, 24 Februari 2015

Kementerian ESDM akan memperingati Hari Nusantara sepanjang tahun dengan slogan “Laut itu Keren”. demikian disampaikan Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam kunjungan kerja ke Pusat Litbang Geologi Kelautan (P3GL) di Bandung pada Senin (23/02/2015). “Bentuk selebrasi yang dapat dilakukan antara lain melalui pameran secara berkelanjutan dan terintegrasi sehingga produk-produk litbang geologi keluatan dapat tersampaikan dengan baik dan P3GL menjadi trendsetter kelautan” lanjut Sudirman Said menanggapi peran Kementerian ESDM sebagai panitia peringatan Hari Nusantara pada tanggal 13 Desember 2015 di Aceh.

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 2 of 20