Penghargaan Energi 2014

Launching Peta Potensi Energi Laut Indonesia PDF Print E-mail
Jumat, 07 Maret 2014

Surabaya – “Sumber energi dari minyak bumi dan gas yang tidak terbarukan telah memasuki periode penurunan produksi, oleh karena itu diperlukan upaya untuk memperoleh sumber energi baru dan terbarukan, untuk dapat mengisi kurangnya pasokan energi nasional. Energi laut yang terdiri dari arus laut, arus pasang surut, gelombang, panas laut serta perbedaan salinitas merupakan salah satu sumber energi baru terbarukan harus segera dapat dimanfaatkan”, demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto pada Launching Peta Potensi Energi Laut Indonesia di Gedung Graha Sepuluh Nopember, Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/3/2014).

 

Baca Selanjutnya...
 
Sea Trial Geomarin III PDF Print E-mail
Senin, 03 Maret 2014

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) melaksanakan kegiatan sea trial pada tanggal 27 – 28 Februari 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memastikan Kapal Geomarin III dan peralatannya dapat bekerja dengan baik pada saat melakukan penelitian, untuk itu dilakukan pelayaran ujicoba peralatan kapal Geomarin III. Kegiatan sea trial tersebut diikuti oleh para peneliti P3GL, perwakilan dari Sekretariat Badan Litbang dan Badan Geologi. Lokasi uji coba kegiatan sea trial di sekitar Pulau Rakit sebelah utara Kota Indramayu.

 

Baca Selanjutnya...
 
Training dan Workshop 2050 Calculator PDF Print E-mail
Kamis, 13 Februari 2014

Sekretaris Badan Litbang ESDM, Ir. Agus Cahyono Adi, MT, dan Senior Energy and Climate Change Advisor, Kedutaan Besar Inggris, Dr. Paul Chambers membuka Training Workshop 2050 Calculator di Hotel Aston Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2014). Acara Training ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut hasil pertemuan The 1st UK-RI Energy Dialogue yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2012 di London yang merupakan kerja sama antara Department of Energy and Climate Change (DECC)-UK dengan Kementerian ESDM yang telah dituangkan dalam Joint Arrangement on Energy Dialogue.

 

Baca Selanjutnya...
 
Kunjungan Kepala Badan Litbang ESDM ke ITS Surabaya PDF Print E-mail
Rabu, 22 Januari 2014

“Saat ini merupakan momen penting untuk mendukung perkembangan sektor energi dan sumber daya mineral terkait krisis energi dan sebagai upaya peningkatan ketahanan energi sehingga diperlukan kordinasi antara Lembaga Penelitian dan Pengembangan dengan Perguruan Tinggi. Kordinasi yang dimaksud adalah dalam hal human resources, pendanaan kegiatan litbang, serta peningkatan penerapan teknologi dan inovasi dalam bidang migas”, demikian disampaikan kepala Badan Litbang ESDM, FX Sutijastoto, pada kunjungan ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Rabu (22/1/2014).

Baca Selanjutnya...
 
Aplikasi Gasifikasi Batubara dan Biogas di Lapas PDF Print E-mail
Rabu, 19 Februari 2014

Bandung – Sekretaris Badan Litbang ESDM, Ir. Agus Cahyono Adi, MT, dalam diskusi paparan Aplikasi Gasifikasi Batubara dan Pemanfaatan Energi Alternatif Biogas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kantor Pusat Litbang Teknologi Mineral dan Batubara (tekMira) Bandung, Rabu (19/2/2014) menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung ketahanan energi nasional dengan prinsip konservasi dan diversifikasi energi, Kementerian ESDM menerapkan Catur Dharma Energi (Empat agenda penting di bidang energi), yaitu tingkatkan produksi migas, kurangi pemakaian dan impor BBM, pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) secara masif, dan gerakan hemat energi. Strategi pengembangan EBT merupakan salah satu upaya yang paling gencar dilakukan saat ini, antara lain pengembangan bahan bakar cair (bahan bakar nabati) kemiri sunan, aplikasi gasifikasi batubara, dan pemanfaatan energi alternatif biogas.

Baca Selanjutnya...
 
Peresmian Pilot Project Pju Pintar Di 6 Kota dan Jembatan Suramadu PDF Print E-mail
Jumat, 24 Januari 2014

“Pertumbuhan ekonomi dan penduduk akan terus meningkatkan kebutuhan energi di masa depan yang harus diimbangi dengan peningkatan pasokan dan upaya penghematan energi. Penghematan energi merupakan strategi yang paling efisien dan efektif bila dibandingkan dengan menyediakan pembangkit listrik baru (energi), namun konservasi energi belum membudaya sepenuhnya dalam sendi-sendi perekonomian nasional”, demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, pada Peresmian Pilot Project Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar di 6 (enam) kota yakni Jakarta, Bandung, Surakarta, Sleman, Denpasar, dan Bengkulu, serta Jembatan Suramadu di Balai Kota Surakarta, Jumat (24/1/2014). Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah para pejabat Eselon I Kementerian ESDM, Walikota Solo, dan Walikota Denpasar.

 

Baca Selanjutnya...
 
Forum Komunikasi Pengelola APBN Badan Litbang ESDM PDF Print E-mail
Senin, 20 Januari 2014

“Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus dapat melaksanakan amanah yang diberikan oleh pemerintah, yaitu melaksanakan pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sektor ESDM dengan baik, secara profesional, efisien, efektif, akuntabel, transparan, dan berorientasi pada hasil, serta berpedoman pada kaidah peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, demikian disampaikan kepala Badan Litbang ESDM, Ir. FX Sutijastoto, MA, membuka Forum Komunikasi Pengelola APBN Tingkat Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM di Hotel Lor In, Sentul - Bogor, Senin (20/1/2014).

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 2 of 15