Knowledge Sharing RUU MIGAS: Sebuah Catatan dari Umar Said PDF Print E-mail
Kamis, 07 Mei 2015

”Ini adalah kesempatan baik bagi Balitbang ESDM untuk berkontribusi dalam perancangan UU Migas, apalagi pasti akan ada banyak masukan nantinya setelah paparan dari nara sumber kita yang merupakan salah seorang pelaku sejarah, yang mengetahui bagaimana proses perubahan sebelum ditetapkannya UU 22 tahun 2001” demikian diungkapkan Iwan Prasetya Adhi, Plt. Sekretaris Badan Litbang ESDM dalam sambutannya sekaligus membuka Knowledge Sharing tentang RUU MIGAS yang diselenggarakan di Sekretariat Badan Litbang KESDM pada tanggal 6 Mei 2015.

 

Baca Selanjutnya...
 
Migas “Dikuasai Negara” dan “Untuk Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat” PDF Print E-mail
Kamis, 07 Mei 2015

Rabu, 6 Mei 2015 Badan Litbang ESDM kembali mengadakan Forum Knowledge Sharing (FKS). Forum ini membahas tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Migas dengan Nara Sumber Dr. Umar Said, jabatan terakhir Pak Umar -begitu beliau dikenalnya- adalah Sekretaris Jenderal Departemen Pertambangan dan Energi periode 1993-1997. Sebelum memulai pembahasan tentang RUU Migas tersebut, Pak Umar menyampaikan ‘kisah’ dibalik perubahan UU No. 8 Tahun 1971  tentang Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (PERTAMINA) yang merupakan salah satu sektor yang masih sangat tertutup dan monopolis (komoditas migas). Presiden Soeharto meminta agar migas dipelajari dan dicarikan jalan agar tetap dikelola sesuai amanat UUD 1945 tetapi tidak tabrakan dengan kesepakatan APEC.

 

Baca Selanjutnya...
 
Implementasi Hasil Litbang di DIY PDF Print E-mail
Rabu, 22 April 2015

“Melalui kegiatan pilot proyek ini kami mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah DIY khususnya Bapak Gubernur melalui kebijakan pemanfaatan lahan yang tidak produktif atau sub optimal untuk dijadikan hutan energi dalam rangka mengembangkan BBN dalam jumlah yang masif”, demikian disampaikan Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto dalam sambutannya pada acara penandatangan MoU antara Badan Litbang ESDM dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Yogyakarta pada tanggal 21 April 2015.

Baca Selanjutnya...
 
Kalkulator 2050 Menjadi Senjata Perdebatan Energi Nuklir Di Inggris PDF Print E-mail
Selasa, 21 April 2015

Perwakilan Khusus Kementerian Luar Negeri Inggris untuk Perubahan Iklim, Sir David King menjelaskan Pemerintah Inggris menggunakan model Kalkulator 2050 sebagai metode untuk menjelaskan cara perhitungan energi kepada publik. Metode ini pula yang digunakan pemerintah Inggris sebagai dasar argumentasi atas perdebatan penggunaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Inggris.

Baca Selanjutnya...
 
Tidak Pernah berhenti Berpikir PDF Print E-mail
Selasa, 05 Mei 2015

“Contoh seorang public leader yang telah selesai dengan dirinya sendiri, sehingga bisa fokus memberikan pelayanan ke masyarakat”, inilah tokoh tersebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini, yang lebih dikenal dengan panggilan Bu Risma, hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said pada acara 1 (one) hour University yang diselenggarakan Badan Diklat ESDM.

Baca Selanjutnya...
 
PELUNCURAN INDONESIA 2050 PATHWAY CALCULATOR PDF Print E-mail
Selasa, 21 April 2015

Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto mewakili Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, Moazzam Malik disaksikan oleh Chair of Global Green Growth Institute (GGGI) Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, dan Perwakilan Khusus Kementerian Luar Negeri Inggris untuk Perubahan Ikllim Sir David King meluncurkan Indonesia 2050 Pathway Calculator atau sistem pemodelan Kalkulator Indonesia 2050 di Jakarta, 20 April 2015

Baca Selanjutnya...
 
Kalkulator 2050 Untuk Menguji Kebutuhan Energi PDF Print E-mail
Selasa, 21 April 2015

Direktur Pembinaan Program Migas, Agus Cahyono Adi menjelaskan bahwa sistem pemodelan Kalkulator 2050 berfungsi untuk menguji kebutuhan energi, termasuk pengembangan energi baru terbarukan untuk transportasi.

Baca Selanjutnya...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 2 of 21