Forum Sosialisasi Penyusunan RKA-KL, TOR dan RAB Kegiatan Tahun 2012, dan Penggunaan Aplikasi RKAKL DIPA 2012 PDF Print E-mail

Forum Sosialisasi Penyusunan RKA-KL, TOR dan RAB Kegiatan 2012, dan Penggunaan Aplikasi RKAKL DIPA 2012 di lingkungan Badan Litbang ESDM ini diselenggarakan pada hari Jumat - Sabtu, tanggal 21-22 Oktober 2011 yang bertempat di Hotel Horison Bekasi, Jawa Barat.

 

Peserta yang hadir lebih kurang 70 (tujuh puluh) peserta, diantaranya berasal dari Kepala Bagian di Sekretariat Badan Litbang ESDM, Kepala Bidang Program beserta Kepala Subbidang, Kepala Bagian Tata Usaha, Pejabat Pembuat Komitmen (P2K), dan Pejabat atau staf terkait di lingkungan Badan Litbang ESDM dengan narasumber/pembicara yang berasal dari Direktorat Anggaran IE dan Direktorat Sistem Penganggaran, Kementerian Keuangan.

 

Pembicara dan paparan yang disampaikan pada kegiatan Forum Sosialisasi ini adalah:

No.

Nama

Jabatan/Instansi

Judul/Topik

1.

Eko Koestanto, Farid Haryanto, dkk.

Direktorat Anggaran IE – Kementerian Keuangan

Penyusunan RKA-KL, TOR dan RAB Kegiatan 2012

2.

Afrizal, dkk.

Direktorat Sistem Penganggaran – Kementerian Keuangan

Penggunaan Aplikasi RKAKL DIPA 2012

Dari Forum Sosialisasi Penyusunan RKA-KL, TOR dan RAB Kegiatan 2012, dan Penggunaan Aplikasi RKAKL DIPA 2012 di lingkungan Badan Litbang ESDM ini, telah dihasilkan beberapa hasil diskusi, antara lain:

  1. Dalam Forum Sosialisasi ini telah dijelaskan tentang petunjuk penyusunan dan penelaahan RKAKL 2012, petunjuk dan penggunaan operasional Sistem Aplikasi RKAKL 2012, dan petunjuk penyusunan Kerangka Acuan Kerja (TOR) 2012.
  2. Dalam menyusun RKA-KL, Badan Litbang ESDM perlu dan wajib untuk mengacu pada Surat Edaran Menteri Keuangan tentang Pagu Definitf tahun 2012, mengacu standar biaya tahun 2012, mencantumkan target kinerja, mencantumkan perhitungan prakiraan maju untuk 2 (dua) tahun ke depan, melampirkan dokumen pendukung terkait.
  3. Kerangka Acuan Kerja (TOR) perlu menjelaskan output yang dihasilkan secara langsung dan dapat mengatasi permasalahan dan adanya time table pelaksanaannya. (MF)